Happy
Smile Factory
Produk
: foto instant dengan frame unik
1.1 Latar
Belakang
Photobooth menjadi salah satu usaha
berbasis fotografi yang mulai naik daun. Jika sedang mengunjungi suatu acara entah itu pernikahan,
ulang tahun, acara kantor, maupun acara lainnya, kita pasti sudah tidak asing
lagi dengan corner photobooth yang telah disediakan oleh pihak
penyelanggara acara untuk para tamunya berfoto dan foto tersebut dicetak secara
instant sebagai souvenir yang dapat dibawa pulang. Foto akan menjadi benda pengingat
kenangan yang sangat efektif, dengan melihat sebuah foto saja, suatu kenangan
akan membawa sesorang melayang ke masa lalu. Selain berfungsi sebagai
kenang-kenangan, photo booth menjadikan suasana pesta makin
ceria.
Bisnis yang saya jalani itu berupa
bisnis dibidang fotografi dengan nama Happy Smile Factory. Bisnis ini
menyediakan jasa penyewaan photobooth untuk acara pernikahan, ulang tahun,dan
acara resmi lainnya. Produk yang dihasilkan berupa foto dengan frame yang unik
dan menarik.
Alasan saya memilih bisnis ini
karena sekarang ini bisnis penyewaan jasa photobooth terbilang menjanjikan, hal
itu disebabkan karena banyaknya orang yang menyelanggarakan acara ingin
mengabadikan momen acara tersebut dalam sebuah foto.
Nama yang saya pilih untuk usaha
saya ini adalah Happy Smile Factory. Nama itu saya anggap mampu mewakili visi
dan misi saya dalam membangun usaha saya ini. Happy Smile Factory adalah vendor
yang mudah diajak kerja sama, mampu memberikan suasana santai dan nyaman,
memberikan bantuan, menyediakan informasi, atau sekadar memberi senyum sebagai
seorang teman.
Lokasi yang saya pilih adalah
rumah saya sendiri sebagai kantor pemasaran bisnis ini yang terletak di daerah
Jakarta Timur. Karena saya masih belum mempunyai cukup modal untuk menyewa
sebuah kantor. Rencananya bisnis
ini akan saya jalankan sekitar 3 tahun lagi setelah saya sudah cukup
mendapatkan uang dari hasil kerja saya dan tabungan saya.
Rencananya bisnis
ini saya jalankan bersama kakak ipar dan sepupu saya yang sudah punya pengalaman
dibidang fotografy dan desain grafis. Modal yang dibutuhkan kira-kira sekitar Rp30
juta, untuk membeli peralatan yang dibutuhkan, misalnya kamera, lampu,
laptop, printer, kertas foto, dan properti lainnya. Saya juga
mempersiapkan properti menarik, seperti wig, poster, kacamata unik, dan latar
belakang (back ground). Saya juga membuat desain frame foto yang unik
dan beragam dengan motif yang indah.
Untuk
pemasaran, saya memilih bergerilya di dunia maya. Promosi melalui blog,
twitter, facebook, dan media social lainnya. Harga jasa photo booth yang
ditawarkan Happy Smile Factory bervariasi. Harganya mulai dari Rp1,9 juta untuk
100 cetakan foto hingga Rp4,3 juta untuk paket unlimited. Jika
ingin menggunakan back ground, biaya yang harus ditambah Rp400.000.
Bisnis Photobooth tanpa ada inovasi
tidak akan mungkin bisa berkembang. Jadi saya berusaha menghadirkan jiwa
kreatif yang ada dalam diri saya, untuk mulai membuat packaging product yang
bagus, kreatif design, sampai hal terkecil harus terlihat innovative supaya
para klien tidak bosan dengan design yang sudah ada.
1.2 Analisis
SWOT
A.
FAKTOR KEKUATAN (STRENGTH)
-
Pekerjaan
nya tidak sulit
-
Sedang
tren
-
Peralatannya
mudah didapat dan berkualitas
-
Kualitas
foto terbaik
-
Tingginya
permintaan akan jasa photobooth untuk pernikahan
-
Desain
frame yang inovatif
-
Fotografer berpengalaman
-
Paket yang disediakan beragam
B. FAKTOR KELEMAHAN (WEAKNESS)
-
Pemasaran untuk saat ini belum terlalu
meluas,masih dalam lingkup kecil
-
Promosi hanya melalui media
social dan kerabat
-
Hanya ada saat acara-acara tertentu
-
Peralatan yang membutuhkan perawatan
mahal
-
Membutuhkan modal yang lumayan banyak
C.
FAKTOR PELUANG (OPPURTUNITY)
-
Masih sedikit pesaingnya
-
banyak di sukai berbagai kalangan
-
peluang pasar untuk mendapatkan konsumen
yang menjanjikan
D.
ANCAMAN (TREATH)
-
mulai
banyak yang tertarik berbisnis dibidang ini
-
Selera konsumen yang selalu berubah – ubah
-
Munculnya pesaing baru
-
Semakin berkembangnya teknologi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar