Kamis, 03 Januari 2013

Puisi tentang Ibu


IBUKU

Ibu suka membacakan buku untuk menghantarkan tidurku
Aku terbuai mendengarkan ibu dan buku,
Mendengarkan ibuku, sambil membayangkan dan bertanya ini itu
Aku pun terlelap dalam mimpi , terbang ke tempat-tempat yang belum kukenali
Ketika bangun , kurasakan basah dicelana
Wah , aku telah ngompol dalam dekapan ibu
Bila aku pamit sekolah , ibu tak pernah bilang
“jangan nakal dan bodoh , jangan membantah guru dan menyanggah buku”
Ibu hanya mengecup jidatku : buka hidupmu dengan buku
Pada saatnya aku harus meninggalkan ibu sebab tak bisa selamanya menyusu pada ibu
Aku harus mencari susu baru
Sambil menahan air mata , ibu memeluk dan menciumku : pergilah . terbanglah .
Aku pun terbang bersayapkan buku ke antah berantah yang bagiku sendiri masih asing
Ketika suatu saat aku pulang kerumah ibu
Ibu sudah menjadi buku yang tersimpan manis di rak buku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar