Kamis, 20 Juni 2013

TIPS BELANJA DI PAMERAN


Tips Belanja di Pameran
Pameran dunia yang dikenal sebagai World Expo dapat ditelusuri dari tradisi Perancis melakukan pameran nasional yang kemudian menjadi fenomenal dengan digelarnya French Industrial Exposition pada 1844. Tradisi ini kemudian diikuti negara-negara tetangga di Eropa. Barangkali World Expo pertama yang dikenal mendunia adalah yang diselenggarakan di Hyde Park, London pada 1851.
Cermat Belanja di Pameran
Selain sebagai salah satu tempat rekreasi yang mampu menambah wawasan, pameran dapat dijadikan ajang berburu barang unik dan berkualitas. Tidak sedikit barang yang ditawarkan memiliki keunggulan tertentu. Belum lagi ditambah banyaknya produk yang dibanderol dengan harga jauh lebih murah ketimbang di pasaran. Namun, bukan berarti Anda dapat menghabiskan uang untuk melampiaskan hasrat belanja. Sebelum merogoh kocek, sudah sepatutnya anda mempertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal di bawah ini agar barang atau produk yang dibeli sesuai kebutuhan dan harapan.

Jelajahi
Pameran terlebih yang dihelat setahu sekali, sudah sewajarnya dapat dimanfaatkan sebagai ajang rekreasi. Jelajahilah satu per satu stan yang ada di area tersebut. Anda dapat mengetahui produk apa saja yang ditawarkan di ajang tersebut.
Tanyakanlah kepada pramuniaga atau penjaga stan tentang produk yang mereka tawarkan. Tak usah terburu –buru, biarkanmereka menjelaskan keunggulan yang dimiliki, termasuk tingkat keawetan dan harga produk. Jangan lupa tanyakan pula seputar purnajual.
Anda tak akan mersaa lelah jika melakukannya dengan relaks sembari menikmati atmosfer pameran yang dipadati berbagai macam produk dan pengunjung dari berbagai kalangan.

Lihat dan Cermati
Sambil mendatangi stan satu per satu, tak ada salahnya Anda mengambil brosur yang biasanya diletakkan di sisi depan setiap stan. Brosur – brosur tersebut biasanya mencantumkan spesifikasi produk atau detail barang yang ditawarkan. Tidak ketinggalan, harga khusus atau potongan harga juga tertera dalam brosur tersebut. Hal ini untuk menarik perhatian pengunjung agar mau membeli barang yang ditawarkan.
Lihat dan cermati brosur yang ada dalam tentengan Anda. Masing – masing mempunyai keunggulan yang berbeda. Perhatikan harga dan kualitas, yang memiliki posisi penting dalam membeli barang.

Sesuaikan kebutuhan
Sebisa mungkin hindari membeli barang saat pandangan pertama. Diskon besar pun harus Anda cermati agar tidak kecewa kemudian. Barang yang dikemas sedemikian apik dengan diskon besar acap membuat pengunjung “ lapar mata “ dan membeli produk tersebut. Tetaplah bersabar dan terus jajaki produk – produk lainnya.
Setelah mendapatkan informasi daari teman, penjaga stan, dan berselancar di dunia maya, saatnya Anda menentukan pilihan. Apabila pameran berlangsung cukup lama Anda tak perlu terburu – buru mengeluarkan dompet untuk melakukan transaksi. Anda dapat datang kembali esok hari jika masih menimbang – nimbang keputusan. Meminta masukan sebanyak mungkin dari berbagai pihak adalah ide bijak. Namun, jika datang pada hari terakhir pameran, Anda dapat memanfatkan area jajan untuk mempertimbangkan barang yang hendak dibeli. Rehatlah sejenak, cicipi jajanan atau menu makan siang sambil meyakinkan diri bahwa barang hendak dibeli memang sesuai kebutuhan.
Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar